Kamis, 11 Agustus 2011

Tidur Lebih Lelap, Otot Lebih Kuat

Tidur lebih LelapYa benar, istirahat sangatlah penting karena pada saat tidur itulah otot anda dibangun menjadi lebih besar. Segala kerusakan otot yang terjadi saat anda berlatih akan memacu tubuh untuk mulai melakukan perbaikan disaat anda tidur. Tetapi jika kita sendiri kesulitan untuk tidur, maka otot juga akan sulit untuk terbentuk. Lalu bagaimana mengatasinya?




Proses Tidur
Ketika hari mulai malam, kelenjar pineal pada otak anda mulai menghasilkan hormon Melatonin dalam jumlah lebih banyak. Hormon ini mempunyai pengaruh yang cepat untuk meningkatkan rasa kantuk. Ekskresi/pengeluaran hormon melatonin ini sudah diatur oleh tubuh melalui mekanisme pengenalan terhadap siklus cahaya. Siklus siang dan malam melatih otak untuk membagi waktu hingga bisa mengatur kapan saat mengeluarkan zat Melatonin.
Mengatasi Kesulitan Tidur
Ada berbagai tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesulitan tidur, tetapi tidak semua bisa berpengaruh sama pada setiap orang.
Menonton1. Menghindari menonton dalam 1-2 jam sebelum tidur, terutama film yang menegangkan atau menguras otak
Membaca2. Membaca buku teks yang tidak membuat anda berpikir keras atau mungkin cerita yang membosankan akan membantu :D
Kopi3. Menghindari minum kopi dan teh kental dalam 1-5 jam sebelum tidur (tergantung tingkat keparahan dalam kesulitan tidur)
Melatonin4. Konsumsi suplemen Melatonin sebelum tidur.
Meditasi5. Meditasi atau doa tenang untuk mengatasi stres yang biasa juga berpengaruh pada kesulitan tidur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar